Penerapan Media Kartu Gambar dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas 1 SDN Waruberon Balongbendo Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9560Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SDN Waruberon melalui media kartu gambar. Pembelajaran membaca permulaan merupakan tahapan penting dalam pendidikan dasar yang bertujuan mengenalkan huruf, suku kata, dan kata sederhana kepada siswa. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam membaca, khususnya dalam menggabungkan huruf konsonan dan vokal. Oleh karena itu, media kartu bergambar diterapkan sebagai sarana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan menunjukkan hasil signifikan: tingkat ketuntasan klasikal mencapai 92,85% dan rata-rata respons siswa terhadap media dinilai sangat baik (31,21). Temuan ini menunjukkan bahwa media kartu bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas awal sekolah dasar.