Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Buddha dalam Membentuk Karakter Siswa Sejak Dini
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9561Abstract
Penelitian ini dilandasi oleh keinginan peneliti untuk menggali lebih dalam mengenai penerapan nilai-nilai Pendidikan Agama Buddha dalam membentuk karakter siswa sejak usia dini di TK Dharma Widya, Kota Tangerang. Tujuan penelitian mencakup: (1) mengkaji nilai-nilai Buddhis yang tercermin dalam visi, misi, dan tujuan lembaga; (2) menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi implementasi nilai-nilai tersebut dalam pembentukan karakter siswa; dan (3) mengidentifikasi langkah-langkah sekolah dalam meningkatkan pemahaman orang tua tentang pentingnya penanaman nilai-nilai keagamaan Buddha sejak dini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi aktivitas pembelajaran dan interaksi sosial, serta dokumentasi kegiatan pembiasaan nilai. Data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Dharma Widya telah menerapkan nilai-nilai Pendidikan Agama Buddha secara terstruktur melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Nilai-nilai yang diintegrasikan dalam pembentukan karakter siswa meliputi sila (moralitas), paññ? (kebijaksanaan), dan sam?dhi (konsentrasi), serta nilai-nilai seperti saddh? (keyakinan), mett? (cinta kasih), hiri (rasa malu berbuat jahat), ottapa (takut akibat perbuatan buruk), sati (kepedulian), citta-passaddhi (ketenangan batin), samm?-v?c? (ucapan benar), samm?-kammanta (perbuatan benar), karu?? (belas kasih), dan paññ? (kebijaksanaan). Sekolah juga secara aktif melibatkan orang tua melalui pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai keagamaan dalam pendidikan karakter sejak dini.