Implementasi Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Pengembangan Organisasi Sekolah Minggu Buddha Se-Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9576Abstract
Sekolah Minggu Buddha (SMB) memiliki peran penting dalam pembentukan karakter generasi muda Buddhis. Namun, banyak SMB di Kabupaten Tangerang menghadapi persoalan rendahnya mutu pendidikan, lemahnya kepemimpinan, dan ketiadaan perencanaan yang terarah, sehingga menghambat pengembangan organisasi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan organisasi SMB, serta mengidentifikasi hambatan dan merumuskan rencana aksi yang selaras dengan visi dan misi lembaga. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode induktif di dua vihara, yaitu Vihara Dhamma Bhakti dan Cetiya Dhamma Dvipa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, Focus Group Discussion (FGD) kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategis yang dirancang secara sistematis mampu meningkatkan arah pengembangan, mutu pembelajaran, serta keterlibatan pemangku kepentingan. Kendala seperti keterbatasan sumber daya dan pelatihan masih ditemukan, namun dapat di atasi melalui kepemimpinan kolaboratif dan evaluasi berkelanjutan.







