Pengembangan Audio Series Berbasis Aplikasi Noice untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Brahmavih?ra di Sekolah Minggu Buddha Dhanagun, Bogor

Authors

  • Billy Yapananda Samudra Institut Nalanda, Indonesia
  • Sutrisno Sutrisno Institut Nalanda, Indonesia
  • Situ Asih Institut Nalanda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9577

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan siniar, khususnya audio series, yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam Pendidikan Keagamaan Buddha. Lebih lanjut, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemenarikan dan tingkat keefektifan siniar sebagai media pembelajaran. Tingkat kemenarikan siniar diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar, sedangkan tingkat keefektifan siniar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap pendidikan karakter yang diselenggarakan. Pengembangan produk media pembelajaran siniar ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk media pembelajaran siniar ini juga diuji coba terhadap ahli materi dan ahli media untuk mendapatkan kritik, saran, dan masukan dalam pengembangan produk akhir. Produk akhir dikembangkan dengan revisi dari ahli materi dan ahli media sebelum diuji coba terhadap peserta didik untuk mendapatkan data kelayakan produk. Produk akhir media pembelajaran siniar ini memiliki tingkat kemenarikan sebesar 85,35% dan tingkat keefektifan sebesar 83,67%. Pengimplementasiannya dalam proses pembelajaran juga telah terbukti berhasil meningkatkan nilai rata-rata peserta didik sebesar 28,5 poin atau 47,5%. Persentase kelayakan akhir produk media pembelajaran siniar ini adalah sebesar 84,5% dan dinyatakan valid tanpa revisi.

Published

2025-10-20

How to Cite

Samudra, B. Y. ., Sutrisno, S., & Asih, S. . (2025). Pengembangan Audio Series Berbasis Aplikasi Noice untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Brahmavih?ra di Sekolah Minggu Buddha Dhanagun, Bogor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 12259-12273. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9577