Kreativitas Mengajar Guru dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar pada Sekolah Minggu Buddha Vihara Girinaga Makassar

Authors

  • Ohara Muliawan Institut Nalanda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9585

Abstract

Penelitian ini untuk melihat pengaruh persepsi kreativitas mengajar guru dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar minggu di vihara. Penelitian ini mengikuti pendekatan metode kuantitatif dengan sifat non eksperimental, menggunakan data yang berasal dari kuisioner. Sampel masing-masing terdiri dari 162 remaja dari rentang umur 11 tahun hingga 21 tahun yang dipilih menggunakan teknik sampling yaitu cluster sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan Variabel X1 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji regresi linier sederhana yang menunjukkan nilai koefisien B sebesar 1,000 dengan nilai signifikansi 0,000. Dengan demikian, semakin tinggi nilai X1, maka semakin tinggi pula nilai Y. Variabel X2 juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y. Koefisien B sebesar 1,007 dengan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa peningkatan X2 juga secara signifikan meningkatkan nilai Y. Serta secara simultan, variabel X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap Y. Nilai R Square sebesar 0,999 menunjukkan bahwa 99,9% variasi dalam Y dapat dijelaskan oleh kedua variabel bebas tersebut. Uji F menghasilkan signifikansi 0,000 yang berarti model regresi secara keseluruhan signifikan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh kreativitas guru dan lingkungan teman sebaya secara bersamaan memiliki dampak yang amat besar terhadap motivasi belajar minggu di vihara.

Published

2025-10-20

How to Cite

Muliawan, O. (2025). Kreativitas Mengajar Guru dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar pada Sekolah Minggu Buddha Vihara Girinaga Makassar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 12274-12284. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9585