Hubungan Motivasi Beprestasi, Regulasi Diri dan Keterampilan Literasi Sains dengan Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9587Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi, hubungan langsung dan hubungan tidak langsung antara motivasi beprestasi, regulasi diri dan keterampilan literasi sains dengan hasil belajar peserta didik kelas XI MA Negeri di Kota Makassar. Instrumen penelitian ini terdiri dari kuesioner untuk mengukur motivasi berprestasi dan regulasi diri, soal tes pilihan ganda dan benar/salah untuk mengukur keterampilan literasi sains, dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Hasil analisis deskriptif motivasi beprestasi, regulasi diri, keterampilan literasi sains dan hasil belajar berada pada kategori sedang. Berdasarkan analisis inferensial menggunakan analisis jalur, ditemukan terdapat hubungan langsung yang signifikan dan positif antara motivasi berprestasi dan regulasi diri terhadap keterampilan literasi sains. Kemudian, hubungan langsung yang signifikan dan positif antara motivasi berprestasi, regulasi diri, keterampilan literasi sains dengan hasil belajar. Lebih lanjut, ditemukan juga hubungan tidak langsung yang signfikan dan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar melalui keterampilan motivasi. Selain itu, tidak terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara regulasi diri dengan hasil belajar melalui keterampilan literasi sains.