Implementasi Meditasi Metta untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa Buddhis dan Hindu (Studi Kasus Multiple-Case Study di SD Nasional Kontrak Production Sharing Balikpapan Tahun Ajaran 2024/2025)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9588Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengimplementasikan meditasi Metta dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa dari latar belakang agama Buddha dan Hindu di SD Nasional Kontrak Production Sharing Balikpapan. Fokus utama penelitian ini adalah mengeksplorasi dampak meditasi Metta terhadap kesejahteraaan psikologis siswa.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain studi kasus multiple-case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meditasi berjalan lebih disukai siswa dibandingkan meditasi duduk karena dinilai lebih dinamis dan nyaman. Siswa yang mengalami kesulitan dengan meditasi duduk melaporkan ketenangan pikiran meskipun ada rasa tidak nyaman dan kebosanan. Integrasi meditasi Metta dalam kurikulum terbukti efektif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa. Program meditasi ini juga mendorong pengembangan empati dan ketahanan emosional, memberikan potensi besar sebagai intervensi kesehatan mental yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah yang multikultural. Penelitian ini menekankan pentingnya penyesuaian metode meditasi dengan kebutuhan siswa, termasuk penggunaan aktivitas kreatif seperti origami untuk meningkatkan keterlibatan. Rekomendasi program meditasi yang lebih dinamis dan adaptif berdasarkan umpan balik siswa diharapkan dapat memaksimalkan manfaat psikologis siswa. Implementasi meditasi Metta dalam pendidikan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan psikologis siswa secara inklusif, serta memfasilitasi penerapan nilai-nilai universal seperti kasih sayang dan empati yang relevan dengan keberagaman agama di sekolah.







