Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9598Abstract
Literasi sains adalah kemampuan individu memanfaatkan pengetahuan untuk mengidentifikasi masalah, memperoleh informasi baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta menarik kesimpulan berbasis bukti. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII C SMPN 3 Peterongan Tahun Pelajaran 2024/2025. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik dengan instrumen berupa 5 soal uraian sesuai indikator literasi sains. Data dianalisis menggunakan penskoran skala 1–3 dan dikategorikan ke dalam lima tingkat capaian. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan literasi sains sebesar 56,88% yang termasuk kategori rendah. Rendahnya capaian ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih berorientasi pada hafalan, kurangnya pembiasaan berpikir kritis, serta minimnya keterkaitan materi dengan fenomena nyata dalam kehidupan sehari-hari.







