Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia

Authors

  • Ricma Putri Hadiani UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Wahyuni Fajar Arum UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Ita Ainun Jariyah UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9598

Abstract

Literasi sains adalah kemampuan individu memanfaatkan pengetahuan untuk mengidentifikasi masalah, memperoleh informasi baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta menarik kesimpulan berbasis bukti. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII C SMPN 3 Peterongan Tahun Pelajaran 2024/2025. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik dengan instrumen berupa 5 soal uraian sesuai indikator literasi sains. Data dianalisis menggunakan penskoran skala 1–3 dan dikategorikan ke dalam lima tingkat capaian. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan literasi sains sebesar 56,88% yang termasuk kategori rendah. Rendahnya capaian ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih berorientasi pada hafalan, kurangnya pembiasaan berpikir kritis, serta minimnya keterkaitan materi dengan fenomena nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Published

2025-10-18

How to Cite

Hadiani, R. P. ., Arum, W. F. ., & Jariyah, I. A. . (2025). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11993-11998. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9598