Pengaruh Media Pembelajaran Film Animasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMP di SMB Maitreya Se-Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9599Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Film Animasi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP di SMB Maitreya se-Kota Palembang. Secara khusus, penelitian ini menganalisis apakah penggunaan media film animasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, baik secara parsial maupun simultan dengan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi strategi pembelajaran yang lebih efektif bagi guru di lingkungan pendidikan agama Buddha. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dari delapan SMB Maitreya di Palembang, berjumlah 126 orang, yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa angket untuk variabel X1 (media film animasi) dan X2 (motivasi belajar), serta dokumentasi nilai ulangan harian sebagai indikator hasil belajar (Y). Analisis data dilakukan melalui uji regresi linier berganda, disertai uji asumsi klasik seperti normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran film animasi dan motivasi belajar secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Nilai signifikansi < 0,05 pada uji t dan uji F menguatkan temuan tersebut. Artinya, penggunaan film animasi dapat meningkatkan daya tarik pembelajaran dan mempermudah pemahaman siswa terhadap materi, sementara motivasi belajar yang tinggi mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.







