Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Dokter terhadap Loyalitas Pasien melalui Kepuasan Pasien di Subdep Urologi Rumkital Dr. Mintohardjo

Authors

  • Achmad Nugroho Sekolah Staff dan Komando Angkatan Laut, Indonesia
  • Juli Herman Sekolah Staff dan Komando Angkatan Laut, Indonesia
  • Muhammad Irfan Ilmi Sekolah Staff dan Komando Angkatan Laut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9613

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi dokter terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien pada Subdepartemen Urologi RSAL Dr. Mintohardjo, sekaligus mengidentifikasi kebijakan, strategi, dan upaya yang dapat meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei dan studi pengembangan, melibatkan 134 responden pasien, serta dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan medis dan fasilitas memang berperan dalam meningkatkan kepuasan pasien, namun komunikasi yang efektif antara dokter dan pasien serta perhatian terhadap kebutuhan pasien terbukti memiliki peran yang lebih dominan dalam membangun loyalitas. Dengan demikian, peningkatan loyalitas pasien tidak hanya ditentukan oleh mutu layanan dan fasilitas, tetapi sangat bergantung pada kualitas interaksi, empati, serta kejelasan informasi yang diberikan dokter dalam proses pelayanan kesehatan.

Published

2025-10-18

How to Cite

Nugroho, A. ., Herman, J. ., & Ilmi, M. I. . (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Dokter terhadap Loyalitas Pasien melalui Kepuasan Pasien di Subdep Urologi Rumkital Dr. Mintohardjo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11637-11642. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9613