Revitalisasi UMKM Mutiara Lombok melalui Digitalisasi dan Teknologi 4.0 untuk Ekonomi Kreatif Berkelanjutan

Authors

  • Ari Saputra Universitas Gunung Rinjani, Indonesia
  • Ahmad Busyairi Universitas Gunung Rinjani, Indonesia
  • Sulkiah Sulkiah Universitas Gunung Rinjani, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9614

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk merevitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Rumah Mutiara Lombok (RML) melalui integrasi digitalisasi dan teknologi 4.0 guna meningkatkan daya saing di era industri kreatif. Mitra utama (Mitra Sasaran 1) adalah RML yang berlokasi di Ampenan, Mataram, dengan fokus pada produksi dan pengolahan mutiara. Permasalahan yang dihadapi mitra meliputi manajemen keuangan yang masih manual, keterbatasan inovasi desain, serta pemasaran digital yang belum optimal. Untuk memperluas dampak, program juga melibatkan reseller mutiara sebagai Mitra Sasaran 2, serta dukungan pemerintah daerah melalui lurah dan dinas terkait sebagai Mitra Pemerintah.Metode yang digunakan meliputi observasi lapangan, focus group discussion (FGD), pelatihan, dan pendampingan langsung dalam tiga aspek utama: digitalisasi produksi, manajemen keuangan berbasis aplikasi, serta penguatan branding dan pemasaran digital. Mahasiswa turut berperan aktif dalam kegiatan ini, mulai dari pendataan, pembuatan konten promosi, hingga pendampingan penggunaan aplikasi keuangan. Hasil yang diharapkan adalah terciptanya sistem manajemen yang lebih transparan, peningkatan keterampilan digital pengrajin, penguatan jaringan pemasaran berbasis online, serta tumbuhnya ekosistem UMKM mutiara yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. Program ini diharapkan mampu menjadi model penguatan UMKM berbasis kearifan lokal menuju ekonomi kreatif Indonesia Emas 2045.

Published

2025-10-15

How to Cite

Saputra, A. ., Busyairi, A. ., & Sulkiah, S. (2025). Revitalisasi UMKM Mutiara Lombok melalui Digitalisasi dan Teknologi 4.0 untuk Ekonomi Kreatif Berkelanjutan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11829-11833. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9614