Tantangan dalam Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa SMA di Indonesia: Tinjauan Literatur Sistematis
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9615Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi permasalahan kehidupan nyata serta mencapai kompetensi yang ditargetkan dalam kurikulum. Namun, berbagai studi menunjukkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia masih menghadapi kendala serius dalam mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai tantangan dalam pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA di Indonesia serta menelaah faktor-faktor instruksional dan kontekstual yang memengaruhinya. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis dengan pendekatan kualitatif terhadap 34 artikel ilmiah yang dipublikasikan antara tahun 2015 hingga 2024, dipilih menggunakan pendekatan PICOC, dan diseleksi melalui perangkat lunak Publish or Perish serta Covidence. Hasil kajian menunjukkan bahwa tantangan yang dihadapi siswa meliputi keterbatasan dalam memahami konsep dasar, kurangnya penguasaan strategi penyelesaian masalah, serta hambatan afektif seperti rasa tidak percaya diri dan kecemasan terhadap pelajaran matematika. Selain itu, pendekatan pembelajaran yang masih bersifat ekspositori dan minimnya pembelajaran berbasis masalah turut memperparah rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Studi ini menekankan pentingnya perubahan pendekatan pembelajaran, peningkatan kompetensi guru, serta dukungan kebijakan yang dapat mendorong terbentuknya lingkungan belajar yang memfasilitasi pengembangan keterampilan pemecahan masalah secara efektif.







