Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Truth or Dare terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPAS
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9618Abstract
Proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik sudah menerapkan beberapa model pembelajaran, namun kemampuan kognitif peserta didik masih tergolong rendah. Menghadapi masalah ini, peneliti berupaya menerapkan model pembelajaran yang belum pernah diaplikasikan oleh pendidik sebelumnya, yaitu model pembelajaran teams games tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) yang dipadukan media Truth or Dare terhadap kemampuan kognitif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Populasi terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan data berupa tes. Teknik analisis data menggunakan uji t namun sebelumnya dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas, diperoleh data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi > 0,05. Hasil uji homogenitas mendapatkan sig sebesar 0,684 > 0,05 maka data dinyatakan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh melalui uji independent sample t test mendapatkan sig. (2-tailled) 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 7,903 > 1,677, yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya dilakukan uji N-Gain diperoleh gain sebesar 0,6271 yang menunjukkan tingkat pengaruh sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Truth or Dare terhadap kemampuan kognitif kelas IV mata pelajaran IPAS di SDN 7 tanjung Raya dengan besar pengaruh 62.71% termasuk dalam kategori cukup efektif.