Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Fuja Sukmadewi Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Rita Aryani Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Chientya Annisa Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keberhasilan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Sandikta. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat metode konvensional yang membuat siswa cenderung pasif. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Sandikta berjumlah 120 orang. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling, terdiri dari kelas X.3 (24 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas X.4 (24 siswa) sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar (pretest dan posttest), lembar observasi, serta angket. Uji instrumen mencakup validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Siswa yang belajar dengan model Jigsaw memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi.

Published

2025-10-18

How to Cite

Sukmadewi, F., Aryani, R., & Annisa, C. . . (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11979-11985. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9629