Pendekatan Efektif Guru Pendidikan Agama Krisen dalam Menumbuhkan Partisipasi Siswa di Kelas

Authors

  • Juwinner Dedy Kasingku Universitas Klabat, Indonesia
  • Edwin Melky Lumingkewas Universitas Klabat, Indonesia
  • Winda Novita Warouw Universitas Klabat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9630

Abstract

Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk pribadi secara utuh, tidak hanya secara intelektual tetapi juga dalam hal karakter dan spiritualitas. Pendidikan Agama Kristen (PAK) memiliki peran krusial dalam menanamkan ajaran yang sesuai dengan Firman Tuhan, mendorong siswa untuk hidup dengan kejujuran dan kasih. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran PAK sering kali berpusat pada guru dan berlangsung satu arah, sehingga partisipasi siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri pendekatan-pendekatan yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran PAK. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka, penelitian ini mengkaji berbagai sumber ilmiah yang berkaitan dengan model pembelajaran dan partisipasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dan pembelajaran berbasis masalah merupakan pilihan yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Guru PAK berperan sebagai fasilitator dan pembimbing rohani, yang harus memiliki kompetensi profesional, kreatif, dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran yang interaktif dan partisipatif sangat penting agar siswa tidak hanya memahami materi secara kognitif, tetapi juga mampu menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Published

2025-10-15

How to Cite

Kasingku, J. D., Lumingkewas, E. M. ., & Warouw, W. N. . (2025). Pendekatan Efektif Guru Pendidikan Agama Krisen dalam Menumbuhkan Partisipasi Siswa di Kelas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11912-11920. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9630