Kepribadian Tokoh “Bendung” dalam Novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini Karya Boy Candra: Kajian Psikologi Sastra dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Sovia Dwi Astuti Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia
  • Muhlis Fajar Wicaksana Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia
  • Pardyatmoko Pardyatmoko Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9645

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kepribadian tokoh Bendung dalam novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini karya Boy Candra dan relevansinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif penelitian memperoleh data-data deskriptif berupa kata-kata tulis berdasarkan kutipan serta tingkah laku tokoh yang diteliti. Teori yang digunakan yaitu teori psikoanalisis Sigmund Freud yang terdiri dari aspek id, ego, dan superego. Teknik pengumpulan data menggunakan metode baca dan catat, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian mengungkapkan data temuan pada id Bendung lebih memilih untuk membayangkan kesenangan, ego Bendung sering kali ingin menyerah tetapi akhirnya berani menghadapi kehidupan, dan superego Bendung mengutamakan perbuatan dan tindakan yang tidak melanggar moral. Menunjukkan bahwa Bendung mengalami pergulatan batin yang dipenuhi rasa kehilangan, kesepian, dan pencarian makna hidup, sekaligus menunjukkan keteguhan hati, kesadaran moral, serta kemampuan untuk bertahan. Relevansi penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA kelas XI, terletak pada pengembangan apresiasi sastra, pemahaman kepribadian tokoh, dan keterampilan berpikir kritis siswa, sesuai dengan KD 3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.

Published

2025-10-18

How to Cite

Astuti, S. D. ., Wicaksana, M. F. ., & Pardyatmoko, P. (2025). Kepribadian Tokoh “Bendung” dalam Novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini Karya Boy Candra: Kajian Psikologi Sastra dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11999-12010. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9645