Sekolah Menjawab Masalah Bullying: Tinjauan Literatur

Authors

  • Moch Dhanial Dzaky Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Elisabeth Christiana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Endang Pudjiastuti Sartinah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Wiryo Nuryono Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9652

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana peran sekolah dalam memerangi bullying dan bagaimana tantangan dan rintangan yang terkait dengan bullying di sekolah ditangani.  Banyak orang, termasuk teman sekelas, guru, dan karyawan sekolah, dapat melakukan bullying di sekolah.  Namun, bullying seringkali dilakukan oleh rekan sebaya.  Bullying sendiri dapat terjadi pada individu maupun pada kelompok tertentu.  Salah satu faktor utama penyebab fenomena ini adalah adanya perbedaan antara bullying kelompok dan individu. Penelitian ini disusun menggunakan desain studi literatur. Peneliti memilih berbagai sumber yang berkaitan dengan topik dan rumusan masalah yang akan dibahas. Penelitian ini berfokus pada konsep utama bullying serta membahas tentang faktor penyebab terjadinya bullying serta akibat dari perilaku bullying yang dirasakan oleh pelaku serta korban, dan penelitian ini juga membahas cara mencegah bullying. Hasil penelitian ini menjuantahkan komponen-komponen penyebab bullying serta hambatan menangani bullying di sekolah.

Published

2025-10-18

How to Cite

Dzaky, M. D. ., Christiana, E. ., Sartinah, E. P. ., & Nuryono, W. . (2025). Sekolah Menjawab Masalah Bullying: Tinjauan Literatur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 12021-12028. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9652