Peningkatan Kemampuan dan Potensi Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Intermediate Reading dengan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi (PB)

Authors

  • Waliyudin Waliyudin STKIP Taman Siswa, Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Ahmadin Ahmadin STKIP Taman Siswa, Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Annisah Annisah STKIP Taman Siswa, Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.977

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan potensi belajar mahasiswa pada mata kuliah intermediate reading dengan menggunakan model Pembelajaran Berdiferensiasi (PB). Motede yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one pretest dan posttest.   Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi pendidikan Bahasa Inggris STKIP Taman Siswa Bima yang berjumlah 27 orang. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 3 tahap yang mencakup; Tahap I: melakukan observasi dan wawancara, penyusunan instrument, penyusunan materi ajar, validasi instrument, uji coba instrument, menganalisis hasil uji coba instrument untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya, serta merancang pembelajaran berdiferensiasi. Tahap II: melakukan pretest, treatment, observasi, dan posttest. Tahap III: mengolah data hasil pretest, posttest, dan instrument lainnya, membandingkan hasil sebelum dan sesudah pemberian treatment, memberikan saran dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan terhadap kemampuan dan potensi belajar mahasiswa dengan membandingkan hasil peroleh skor pada pre test dan post test. Hasil nilai minimum yang diperoleh pada saat pre test adalah 20 dan nilai maksimum adalah 50, sedangkan nilai minimum pada post test adalah 65 dan nilai maksimum adalah 90. Berdasarkan hasil perbandingan antara pre dan post test dapat diketahui terjadi peningkatan terhadap kemampuan dan potensi belajar mahasiswa pada mata kuliah intermediate reading setelah penerapan model pembelajaran berdiferensiasi.

Published

2022-10-01

How to Cite

Waliyudin, W., Ahmadin, A., & Annisah, A. (2022). Peningkatan Kemampuan dan Potensi Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Intermediate Reading dengan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi (PB). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4396-4402. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.977