Analisis ICT Literacy Mahasiswa pada Pelaksanaan Perkuliahan Online di Masa Pandemi Pada STTIKOM Insan Unggul

Authors

  • Susy Katarina Sianturi STTIKOM Insan Unggul, Indonesia
  • Padang Wardoyo STTIKOM Insan Unggul, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.979

Keywords:

ICT Literacy, Perkuliahan Online, Mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat ICT literacy mahasiswa STTIKOM Insan Unggul untuk mengetahui karakteristik penggunaan ICT dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi perkuliahan online. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat ukur pengumpulan data adalah kuesioner yang disusun berdasarkan elemen-elemen ICT literacy pada ETS yaitu define, access, manage, integrate, evaluate, create dan communication. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa smartphone menjadi ICT yang lebih sering digunakan oleh responden daripada laptop/komputer. Mayoritas responden sudah memiliki tingkat pemahaman ICT yang baik. Responden memiliki kemampuan ICT literacy yang baik pada elemen kemampuan define (78,4%), access (76,4%), manage (82,8%), integrate (71,4%), create (85,4%) dan communication (86,4%) sedangkan elemen evaluate (67,0%) masih perlu ditingkatkan pemahamannya.  ICT literacy responden masih perlu ditingkatkan lagi melalui proses pendidikan ICT di lingkungan kampus dan pelatihan elemen ICT untuk dapat mendukung proses perkuliahan online sebagai metode pengajaran baru di masa pandemi covid-19. Harapannya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan untuk peningkatan kompetensi digital mahasiswa ke depannya.

Published

2022-10-01

How to Cite

Sianturi, S. K., & Wardoyo, P. (2022). Analisis ICT Literacy Mahasiswa pada Pelaksanaan Perkuliahan Online di Masa Pandemi Pada STTIKOM Insan Unggul. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4371-4379. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.979