Pengaruh Peningkatan Kualitas Layanan Melalui Efikasi Diri dan Kepuasan Kerja pada SMP di Wilayah Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9863Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh fakta empiris mengenai pengaruh efikasi diri dan kepuasan kerja terhadap kualitas layanan guru di SMP wilayah Singkawang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penyebaran angket kepada 127 guru sebagai responden. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana, regresi ganda, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial efikasi diri berpengaruh terhadap kualitas layanan dengan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,448, artinya efikasi diri menjelaskan 44,8% variasi kualitas layanan, sedangkan 55,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Secara simultan, efikasi diri dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kualitas layanan dengan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,455. Persamaan regresi yang diperoleh adalah ? = 42.413 + 0,594X? + 0,090X?. Uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 51,756 dengan signifikansi 0,000, menandakan bahwa model regresi signifikan dan dapat digunakan untuk memprediksi pengaruh kedua variabel terhadap kualitas layanan. Hasil uji korelasi menghasilkan nilai ry?.? = 0,675 yang termasuk kategori kuat, sehingga hubungan antara efikasi diri dan kepuasan kerja terhadap kualitas layanan signifikan secara statistik. Dengan demikian, peningkatan efikasi diri dan kepuasan kerja guru berperan penting dalam meningkatkan kualitas layanan. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi pembuat kebijakan pendidikan dan pihak sekolah dalam upaya peningkatan mutu layanan guru di SMP wilayah Singkawang.







