Analisis Kebijakan Inovasi Kurikulum Pendidikan untuk Mempersiapkan Generasi Penerus Indonesia Emas 2045: Peran Guru dalam Implementasinya
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9950Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi implementasi kebijakan kurikulum pendidikan di Indonesia dengan fokus pada integrasi prinsip-prinsip Deep Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebijakan inovasi kurikulum Deep Learning dalam pendidikan Indonesia terkait dengan pencapaian visi Indonesia Emas 2045. Selain itu, penelitian ini juga berusaha mengidentifikasi peran guru dalam implementasi kebijakan inovasi kurikulum Deep Learning. Pendekatan analisis kebijakan kualitatif yang didukung oleh studi kasus komparatif, digunakan untuk memeriksa implikasi praktis kebijakan ini dan keselarannya dengan visi Indonesia 2045. Temuan penelitian menyoroti peran penting guru dalam menerjemahkan kebijakan ke dalam praktik dengan menekankan perlunya kompetensi pedagogis dan teknologi. Tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, resistensi terhadap perubahan, dan beban kerja yang tinggi menghambat potensi penuh kebijakan ini. Namun faktor-faktor seperti kepemimpinan yang kuat, pemanfaatan kekuatan siswa digital native, dan peningkatan keterlibatan pemangku kepentingan industri memberikan dukungan signifikan untuk implementasi yang sukses. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pencapaian tujuan pendidikan Indonesia 2045 memerlukan upaya kolaboratif antara pendidik, pemimpin sekolah, dan mitra eksternal untuk memperkuat kapasitas guru dan memastikan keberhasilan kebijakan. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam memperkaya literatur tentang analisis kebijakan pendidikan, khususnya dalam menghubungkan kebijakan inovasi kurikulum pendidikan di Indonesia dengan implementasi pedagogis Deep Learning, serta menyoroti peran krusial guru dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 melalui peningkatan kapasitas dan kolaborasi dalam pendidikan.







