Kearifan Lokal Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1000Abstract
Kearifan lokal merupakan sebuah kekayaan ataupun pontensi yang dimiliki oleh setiap daerah yang mampu memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat sekitar termasuk dalam kegiatan proses pembelajaran yang ada di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan kearifan lokal yang ada di kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian etnograpi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang, yaitu 2 tokoh masyarakat dan 3 guru kelas V sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data mengadopsi teknik dari miles dan hubberman, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah kearifan yang ada di tanjung jabung barat yaitu ekowisata mangrove dapat diintegrasikan dalam pembelajaran kelas V pada tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 serta mampu memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran.