Peran Media Quizlet dalam Peningkatan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Tingkat Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10002Abstract
Penguasaan Penguasaan mufrodat (kosakata) merupakan fondasi utama dalam pembelajaran bahasa Arab yang berperan penting terhadap keterampilan istima’, kalam, qira’ah, dan kitabah. Di MTs Darul Ulum Waru, yang berlandaskan sistem pesantren, siswa menghadapi keterbatasan akses teknologi karena tidak diperkenankan membawa perangkat pribadi, sehingga pembelajaran masih bergantung pada Lembar Kerja Siswa (LKS). Kondisi ini menuntut inovasi media pembelajaran yang adaptif dan efektif. Media Quizlet, sebagai platform flashcard interaktif dengan fitur seperti learn, match, dan test, menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat secara menyenangkan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media Quizlet dalam meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas VII D MTs Darul Ulum Waru. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen one group pretest-posttest dengan subjek 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes mufrodat (10 soal pilihan ganda dan 5 uraian) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (? = 0,82). Pembelajaran dilakukan secara klasikal dengan proyektor yang difasilitasi guru menggunakan fitur flashcard, learn, dan match pada Quizlet. Hasil analisis paired sample t-test menunjukkan peningkatan signifikan dari rata-rata pretest 39,13 menjadi 57,20 (p < 0,05). Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan Quizlet efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab meskipun dalam keterbatasan teknologi pesantren. Penelitian ini menegaskan bahwa inovasi digital berbasis Quizlet dapat menjadi model pembelajaran interaktif yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21.







