Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Type Quiz Team Berbantuan Media Interaktif Baamboozle terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Vira Silvia Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Durinta Puspasari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10017

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Active Learning Type Quiz Team berbantuan media interaktif Baamboozle terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Wonomerto Probolinggo. Penelitian ini memanfaatkan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental design) dan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitiannya berjumlah 67 siswa kelas X Manajemen Perkantoran yang dipisahkan menjadi dua kelompok, yakni kelas eksperimen dengan model Active Learning Type Quiz Team berbantuan Baamboozle dan kelas kontrol dengan model Direct Instruction. Pengumpulan datanya melalui tes, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan uji normalitas (Kolmogorov–Smirnov), uji homogenitas (Levene’s Test), uji-t sampel independen (Independent Samples t-Test) dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,012 (< 0,05) dan peningkatan rata-rata sebesar 59,47% pada kelas eksperimen. Dengan demikian, dengan diterapkannya model pembelajaran Active Learning Type Quiz Team berbantuan media interaktif Baamboozle bisa meningkatkan hasil belajar serta mewujudkan lingkungan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

Published

2025-12-02

How to Cite

Silvia, V., & Puspasari, D. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Type Quiz Team Berbantuan Media Interaktif Baamboozle terhadap Hasil Belajar Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13770-13775. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10017