Manajemen Pembelajaran Inovatif Berbasis Discovery Learning sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (Studi Kasus pada SDN AI Paya Kecamatan Terano Kabupaten Sumbawa)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10019Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen pembelajaran inovatif berbasis Discovery Learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di SDN Ai Paya Kecamatan Terano Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru matematika, dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen pembelajaran berbasis Discovery Learning telah berjalan dengan baik melalui tahapan yang sistematis mulai dari stimulasi hingga generalisasi, meskipun masih terdapat kendala dalam pengelolaan waktu dan ketersediaan media pembelajaran. Guru berperan aktif sebagai fasilitator dan motivator dalam membantu siswa menemukan konsep-konsep matematika melalui kegiatan eksploratif. Kepala sekolah memberikan dukungan strategis melalui supervisi, pelatihan, dan penyediaan sarana pembelajaran. Faktor pendukung penerapan model ini meliputi kolaborasi antara kepala sekolah dan guru serta antusiasme siswa dalam belajar, sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan sarana dan waktu pembelajaran. Secara keseluruhan, manajemen pembelajaran inovatif berbasis Discovery Learning terbukti mampu meningkatkan partisipasi, minat, dan pemahaman konseptual siswa terhadap matematika.







