Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui Supervisi Akademik

Authors

  • Emha Basma Lazuwara Hasbi Nabila Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Luthfiyah Nurlaela Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Dewi Fitrotus Sa’diyah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10024

Abstract

Dalam memenuhi keberlangsungan hidup suatu lembaga pendidikan tergantung pada peran kepemimpinan kepala sekolah. Kajian ini difokuskan dalam peran kepala sekolah terhadap kinerja guru yang dilakukan melalui supervisi akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dimana peneliti dapat meninjau pada beberapa jurnal secara terstruktur dan dapat dianalisis yang dilakukan secara mendalam dari literatur ilmiah sesuai dengan topik penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait topik penelitian yang digunakan. Adapun literatur yang digunakan dalam memperkuat hasil analisis, peneliti berhasil mengidentifikasi 30 artikel atau Jurnal yang terindeks oleh Sinta dan beberapa lainnya terdapat di Google Scholar mengenai topik Peran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik. Maka, dari 30 artikel tersebut dapat difilter dan ditemukan 7 artikel yang sesuai, dan 23 artikel lainnya dikecualikan. Karena penelitian ini berfokus pada Peran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sangat penting untuk mengetahui kinerja guru melalui supervisi akademik.

Published

2025-12-02

How to Cite

Nabila, E. B. L. H. ., Nurlaela, L. ., & Sa’diyah, D. F. . (2025). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui Supervisi Akademik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13731-13736. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10024