Pengelolaan Program Tahsin TATAFA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di SD IT
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10036Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan Program Tahsin TATAFA terhadap motivasi belajar siswa di SD IT. Program Tahsin TATAFA merupakan kegiatan pembinaan Al-Qur’an yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an serta menumbuhkan semangat belajar siswa melalui metode talaqqi, yaitu pembelajaran dengan cara membaca langsung di hadapan guru. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi yang melibatkan 10 guru dan 20 siswa sebagai responden. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal, sedangkan hasil uji t menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara pengelolaan program Tahsin TATAFA dan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan program Tahsin TATAFA yang terencana, terstruktur, dan menggunakan metode talaqqi berpengaruh positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, baik dari segi semangat, minat, maupun kedisiplinan dalam mempelajari Al-Qur’an.







