Dukungan Sosial Orang Tua Talang Mamak dalam Pendidikan Anak
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10038Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis dan karakteristik interaksi sosial manusia dalam masyarakat Talang Mamak dalam rangka mendukung pendidikan anak di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan karakteristik interaksi sosial manusia dalam masyarakat Talang Mamak dalam rangka mendukung pendidikan anak di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, meliputi teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap individu, guru, dan anggota masyarakat adat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sosial masyarakat Talang Mamak lebih dominan secara emosional dan kultural dibandingkan lingkungan akademis. Lingkungan sosial masyarakat Talang Mamak lebih dominan secara emosional dan kultural dibandingkan lingkungan akademis. Masyarakat pada umumnya memberikan perhatian, motivasi, dan bantuan dasar, seperti persekolahan, tetapi partisipasi mereka dalam kegiatan belajar dan komunikasi dengan guru masih sangat terbatas. Unsur-unsur budaya seperti gotong royong, kebersamaan, kekeluargaan, dan rasa hormat masih kental dan menjadi landasan informal dalam pembinaan pendidikan anak. berfungsi sebagai landasan informal dalam pembinaan pendidikan anak. Rendahnya tingkat pendidikan, keterbatasan ekonomi, dan keterpencilan budaya dari sistem pendidikan formal merupakan faktor utama dalam meningkatkan harga diri masyarakat. Studi menunjukkan bahwa pengembangan lingkungan sosial seseorang harus dilakukan melalui pendidikan berbasis adat istiadat setempat dan upaya kolaboratif antara sekolah, keluarga, dan lembaga adat.







