Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Membangun Keteladanan Guru di Era Disrupsi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10039Abstract
Penelitian ini berfokus pada bagaimana kepemimpinan transformasional kepala sekolah berkontribusi pada pembentukan keteladanan guru di era disrupsi yang ditandai dengan perubahan teknologi dan sosial yang cepat. Permasalahan utama penelitian ini adalah menurunnya keteladanan dan profesionalisme guru di tengah tantangan digitalisasi pendidikan, sehingga diperlukan gaya kepemimpinan yang mampu menginspirasi dan membimbing guru secara moral dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan dampaknya terhadap pembentukan keteladanan guru di sekolah Islam. Pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus digunakan dan dilakukan di SMA Islam Palembang. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif yang mencakup proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan empat dimensi utama kepemimpinan transformasional: pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan pertimbangan individual. Keempat dimensi ini sangat penting untuk membangun budaya keteladanan guru, yang secara signifikan meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, inovasi, dan empati guru. Selain itu, kepala sekolah berfungsi sebagai panutan moral yang menanamkan semangat kerja sama dan inovasi di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional adalah strategi yang efektif untuk menumbuhkan keteladanan guru dan memperkuat karakter pendidikan Islam di era disrupsi.







