E-Comic Fikih Berbasis Artificial Intelligence: Inovasi Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Problem Solving Skill Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10041Abstract
Kemajuan teknologi digital membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, termasuk pembelajaran Fikih. Salah satu inovasi yang relevan dengan tuntutan era digital adalah penggunaan E-Comic berbasis Artificial Intelligence (AI) sebagai media pembelajaran interaktif. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas serta potensi penerapan E-Comic berbasis Artificial Intelligence (AI) sebagai media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah (problem solving skill) peserta didik madrasah. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka (library research) dengan menelaah berbagai literatur yang relevan tentang media pembelajaran digital, teknologi AI, dan pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam konteks pendidikan Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi AI dalam E-Comic memperkuat interaktivitas pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar, dan melatih keterampilan analitis siswa pada materi Fikih, khususnya zakat. Media ini tidak hanya meningkatkan motivasi belajar, tetapi juga melatih kemampuan analitis dan reflektif siswa dalam memahami hukum Islam.







