Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) melalui Permainan Collect Points terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Materi Relasi dan Fungsi

Authors

  • Tri Nurjanah Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Martyana Prihaswati Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Eko Andy Purnomo Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10046

Abstract

Penelitian ini didasarkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi relasi dan fungsi di tingkat SMP kelas VIII. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui permainan collect points terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil analisis menunjkan bahwa penerapan model TGT melalui permainan collect points memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,3 sedangkan kelas kontrol 63,5 dan berdasarkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1. Juga hasil dari angket respon siswa dengan rata-rata 91,1 dengan kategori sangat baik terhadap penggunaan permainan collect points. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT melalui permainan collect points lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman konsep pada materi relasi dan fungsi.

Published

2025-12-02

How to Cite

Nurjanah, T., Prihaswati, M. ., & Purnomo, E. A. . (2025). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) melalui Permainan Collect Points terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Materi Relasi dan Fungsi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13796-13802. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10046