Keterkaitan Problem based learning dengan Proses Kognitif Pemecahan Masalah Matematika: Systematic Literature Review

Authors

  • Emiliana Saraswati Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Meiliasari Meiliasari Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Wardani Rahayu Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10047

Abstract

Pada pemebelajaran abad 21 ini salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik ialah kompetensi kognitif dan dapat di implementasikan pada aspek problem solving atau kemampuan pemecahan masalah. Pada beberapa kajian yang dilakukan terdahulu juga memaparkan terkait kemampuan pemecahan masalah dapat dilakukan melalui model PBL. Namun, beberapa dari kajian tersebut mempunyai suatu kesimpulan penelitian yang mengkaji peningkatan kemampuan problem solving secara umum ataupun pada hasil belajar yang diperoleh. Tujuan penelitian ialah memberikan hasil analisis terkait keterkaitan Problem based learning dengan proses kognitif pemecahan masalah matematika. Metode penelitian mengadopsi metode penelitian kualitatif pendekatan systematic literatur review. Hasil kajian memaparkan Problem based learning memiliki keterkaitan dengan proses kognitif pemecahan masalah matematika. Setiap tahapan pada PBL tersebut memiliki keterhubungandengan tahapan berpikir dalam pemecahan masalah. Misalnya langkah orientasi masalah memiliki keterhubungan dengan pemahaman problem solving, dst. Dari hasil sintesis yang dilakukan memaparkan terkait implementasi PBL dapat memberikan dorongan pada peserta didik dalam mengembangkan kemampuan kreasi, evaluasi, serta analisis lebih mendalam. Peserta didik akan dihadapkan pada suatu permasalahan kontekstual dimana mereka harus berpikir reflektif dan kritis serta memiliki tuntutan untuk berkolaborasi, berargumentasi, serta bereksplorasi.

Published

2025-12-02

How to Cite

Saraswati, E., Meiliasari, M., & Rahayu, W. . (2025). Keterkaitan Problem based learning dengan Proses Kognitif Pemecahan Masalah Matematika: Systematic Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13803-13810. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10047