Penerapan Strategi Guru Kelas untuk Meningkatkan Gerakan Literasi Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Reza Saeful Rachman Universitas Sangga Buana, Jawa Barat, Indonesia
  • Pandu Adi Cakranegara Universitas Presiden, Jawa Barat, Indonesia
  • Muhammad Toto Nugroho Universitas Jambi, Indonesia
  • Zulkifli Zulkifli Sekolah Tinggi Teknologi Bontang, Indonesia
  • Hadisa Putri Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1005

Abstract

Literasi memiliki manfaat yang sangat baik bagi kehidupan siswa di masa depan. Dengan meningkatkan gerakan literasi yang dilakukan oleh siswa maka akan mampu menciptakan generasi yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan guru kelas dalam meningkatkan gerakan literasi di kelas IV SD Negeri 13/I Muara Bulian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan guru kelas IV SD Negeri 13/I Muara Bulian. Teknik analisis data dilakukan dengan mengadopsi model Miles dan Huberman, sedangkan uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat macam strategi yang digunakan oleh guru Kelas IV di SD Negeri 13/I Muara Bulian.

Published

2022-10-01

How to Cite

Rachman, R. S., Cakranegara, P. A., Nugroho, M. T., Zulkifli, Z., & Putri, H. (2022). Penerapan Strategi Guru Kelas untuk Meningkatkan Gerakan Literasi Peserta Didik Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4241-4246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1005