Analisis Kebutuhan: Bumper Video Etnografis Interaktif pada Materi Seni Rupa Mengenal Bentuk dan Warna Kelas 4 di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10052Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan bumper videos etnografis berbantuan AI dalam pembelajaran mengenal bentuk dan warna (SENI RUPA) di sekolah dasar. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan melibatkan 10 guru dan 315 siswa dari tiga sekolah dasar di Palembang. Instrumen disusun berdasarkan enam aspek analisis kebutuhan pedagogis, teknis, kognitif, estetika, sosial budaya, dan evaluatif yang terintegrasi dalam empat komponen utama: siswa, guru, media, dan desain instruksional. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket, kemudian dianalisis menggunakan teknik persentase dan korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aspek berada pada kategori tinggi hingga sangat tinggi, dengan nilai korelasi positif kuat (rs = 0,67–0,78) antara kebutuhan pembelajaran di sekolah dan kegiatan belajar di rumah. Aspek kognitif dan estetika muncul sebagai kebutuhan dominan, menegaskan pentingnya desain media yang menarik dan mendukung pemrosesan informasi secara efisien. Temuan ini menegaskan bahwa analisis kebutuhan yang multidimensi menjadi dasar penting dalam mengembangkan media pembelajaran digital yang kontekstual, adaptif, dan selaras dengan Kurikulum Merdeka.







