Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence melalui Media Canva (Magic Design) pada Mahasiswa FKIP PBSI Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10057Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan pembelajaran berbasis AI (AI) melalui media Canva, khususnya fitur Magic Design, meningkatkan hasil belajar dan kreativitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan. Salah satu subjek penelitian adalah kelompok mahasiswa yang mengambil mata kuliah Perencanaan Pengajaran Bahasa, yang berfokus pada pembelajaran berbasis teknologi, selama semester ganjil tahun akademik 2024/2025. Penelitian yang memakai pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain eksperimen pre test-post test. Tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran berbasis AI dan angket tanggapan mahasiswa adalah bagian dari alat pengumpulan data. Untuk menentukan tingkat peningkatan hasil belajar, data dianalisis. Hasil menunjukkan mahasiswa dalam kategori sedang memperoleh hasil belajar lebih baik, penggunaan Canva dengan fitur Magic Design menunjukkan pembelajaran lebih efektif. Selain itu, hasil menunjukkan sebagian besar mahasiswa sangat puas dengan penggunaan Canva, interaktivitas media, dan peningkatan kreativitas selama proses pembelajaran. Hasil belajar dan kreativitas mahasiswa PBSI telah ditingkatkan dengan mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan melalui Magic Design pada media Canva. Penemuan ini memiliki konsekuensi praktis bagi pengembangan model pembelajaran baru berbasis teknologi di perguruan tinggi, khususnya pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.







