Efektivitas Metode Drill terhadap Peningkatan Keterampilan Mengetik Sepuluh Jari pada Siswa Manajemen Perkantoran
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10059Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode Drill dalam meningkatkan keterampilan mengetik sepuluh jari siswa kelas XI Manajemen Perkantoran di SMK Ky Ageng Giri. Penelitian menggunakan desain pretest–posttest control group dengan total 53 siswa yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Tes mengetik dilakukan melalui aplikasi Typing Master selama 10 menit, menghasilkan skor kecepatan (words per minute) dan akurasi. Hasil uji paired t-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kecepatan mengetik dalam kelompok eksperimen (t = –2,283; p = 0,027), meskipun peningkatan akurasi tidak signifikan (t = –0,381; p = 0,705). Uji independent t-test pada hasil posttest mengungkapkan perbedaan yang sangat signifikan dalam kecepatan mengetik antara kelompok eksperimen (M = 161,30) dan kontrol (M = 129,19) (t = 5,004; p = 0,000), sedangkan perbedaan akurasi tidak signifikan (p = 0,104). Temuan ini menunjukkan bahwa metode Drill efektif meningkatkan kecepatan mengetik siswa, namun belum memberikan dampak signifikan terhadap akurasi. Penelitian ini merekomendasikan penerapan Drill secara rutin dalam pembelajaran praktik untuk memperkuat keterampilan psikomotorik pada pendidikan vokasi.







