Penerapan Sistem Pendukung Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.10087Abstract
Pendidikan inklusif adalah sebuah sistem pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar yang setara bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kelainan atau hambatan serta potensi kecerdasan dan/atau bakat khusus. Artikel ini menganalisis secara mendalam tentang sistem pendukung untuk pendidikan inklusif serta langkah-langkah penerapannya di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, dengan memanfaatkan data sekunder dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal, artikel, buku, dan sumber relevan lainnya. Pembahasan artikel mencakup aspek-aspek penting seperti desain kurikulum yang adaptif, pelatihan untuk para pendidik, peran aktif komunitas sekolah, serta evaluasi dan pemantauan yang berkelanjutan. Implementasi langkah-langkah ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan sekolah dasar yang inklusif dan kondusif bagi perkembangan setiap siswa, tanpa memandang perbedaan individu. Artikel ini juga membahas potensi tantangan yang mungkin muncul dalam proses penerapan pendidikan inklusif, namun juga menekankan manfaat jangka panjangnya dalam membangun masyarakat yang lebih inklusif secara keseluruhan. perbedaan individual. Artikel ini juga membahas tentang potensi tantangan yang mungkin dihadapi dalam proses implementasi pendidikan inklusif, namun di sisi lain, menekankan manfaat jangka panjangnya dalam mewujudkan masyarakat yang lebih inklusif secara keseluruhan.







