Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1015Abstract
Media pembelajaran sangat penting untuk menunjang keberhasilan di dalam pembelajaran dan dapat menciptakan pembelajaran yang efektif supaya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media serta mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran IPS berbasis permainan monopoli untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau RnD (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes (pre test dan post test) dan teknik non tes (wawancara, lembar validasi ahli, dan angket). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan Uji T, sedangkan peningkatan motivasi belajar menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian yang didapat yaitu nilai validasi ahli materi 87,5% dengan kriteria “Sangat Layak”, nilai validasi dari ahli media 89,3% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil rata-rata pre test 44,33 dan hasil rata-rata post test 73,67 dengan hasil signifikan 0.000. Hasil analisis motivasi belajar sebelum menggunakan media 42,3% dengan kriteria “Rendah” dan setelah menggunakan media 87,97% dengan kriteri “Tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut media permainan monopoli dapat dinyatakan layak untuk digunakan serta dapat menigkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.