Strategi Humas dalam Pengelolaan Aplikasi Website Saker Humas oleh Humas Pemerintah Kota Bekasi

Authors

  • Fakhriyah Nur Hasna Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Muhammad Al Assad Rohimakumullah Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1016

Abstract

Humas Pemerintah Kota Bekasi menciptakan aplikasi website SAKER Humas sebagai bentuk perubahan dalam memenuhi kebutuhan informasi. SAKER Humas merupakan implementasi keterbukaan informasi mengenai Pemerintah Kota Bekasi yang direalisasikan dalam bentuk digital agar publiknya bisa mengakses dan mendapatkan informasi dengan mudah. Fokus penelitian ini adalah strategi pengelolaan yang dilakukan humas dalam website dengan menggunakan teori strategi PR yang berisikan tahapan merancang strategi PR mulai dari riset sampai dengan evaluasi. Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan peneliti seperti cara pengelolaan, keterbatasan SDM, publikasi, dan juga target sasaran, sehingga tujuan adanya penelitian ini agar bisa menjadi acuan pengelola dalam menjalankan strategi pengelolaan SAKER Humas. Peneliti menjalankan penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan studi kasus, dan paradigma konstruktivisme untuk mempermudah peneliti dalam melakukan penelitian karena dianggap sesuai dengan pembahasan yang ingin diangkat. Informan pada pada penelitian ini yaitu Humas Pemerintah Kota Bekasi yang mengetahui SAKER Humas. Penelitian ini menemukan strategi pengelolaan mengenai publikasi dan target sasaran SAKER Humas perlu dievaluasi agar tujuannya bisa tercapai. Perlu adanya optimalisasi dalam mengelola SAKER Humas dengan merancang beberapa strategi baru khususnya dalam aspek publikasi dan target sasaran.

Published

2022-10-01

How to Cite

Hasna, F. N., & Rohimakumullah, M. A. A. (2022). Strategi Humas dalam Pengelolaan Aplikasi Website Saker Humas oleh Humas Pemerintah Kota Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4049-4060. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1016