Pengaruh Literasi Keuangan dan Penggunaan Aplikasi Belanja Online terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10170Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan penggunaan aplikasi belanja online terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Riau. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 35 mahasiswa yang ditentukan menggunakan rumus cochran dan teknik pengambilan data menggunakan metode simple random sampling. Instrumen penelitian dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Literasi keuangan berpengaruh negatif signifikan artinya semakin baik literasi keuangan mahasiswa maka perilaku konsumtif akan semakin menurun. penggunaan aplikasi belanja online berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif yang berarti semakin tinggi intensitas penggunaan aplikasi belanja online, maka semakin tinggi pula kecenderungan mahasiswa untuk berperilaku konsumtif.







