Realisasi Kesantunan Berbahasa Para Pedagang dan Pembeli dalam Interaksi Jual Beli di Pusat Pasar Sentral Medan: Kajian Pragmatik

Authors

  • Devi Ingati Waruwu Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Elza Leyli Lisnora Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Pontas Jamaluddin Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan ada atau tidak adanya penggunaan maksim kesantunan berbahasa dominan yang dikemukakan oleh Leech dan penggunaan maksim kerjasama pertuturan dominan yang dikemukakan oleh Grice dalam percakapan pedagang dengan pembeli di Pusat Pasar Sentral Medan. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Metode deskriptif adalah pemaparan yang berpusat pada penggambaran secara rinci akan situasi lapangan, baik itu berupa kata-kata, kalimat, atau gambar-gambar yang bermakna dan dapat merangsang munculnya pemahaman yang lebih daripada sekedar angka atau frekuensi. Data penelitian ini berupa tuturan-tuturan, kata-kata, kalimat-kalimat pedagang dengan pembeli (transkrip percakapan). Teknik pengumpulan data menggunakan tahapan observasi, teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Sesuai dengan rumusan masalah yang sudah ditentukan, ada dua hal yang merupakan hasil dari penelitian ini. Pertama, 16 tuturan atau setara dengan 23% penggunaan dominan pada maksim kebijaksanan dari prinsip kesantunan berbahasa yang dikemukakan oleh Leech. Kedua, 11 tuturan atau setara dengan 16% penggunan dominan pada maksim kuantitas dari prinsip kerjasama pertuturan yang dikemukakan oleh Grice. Dan berdasarkan hasil analisis dari pelaksanaan penelitian ini bahwa tingkat kesantunan berbahasa pedagang dengan pembeli di Pusat Pasar Sentral Medan sebagian besar masih tergolong santun.

Published

2022-10-01

How to Cite

Waruwu, D. I., Saragih, E. L. L., & Sitorus, P. J. (2022). Realisasi Kesantunan Berbahasa Para Pedagang dan Pembeli dalam Interaksi Jual Beli di Pusat Pasar Sentral Medan: Kajian Pragmatik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 3947-3951. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1019