Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sejarah Hindu Budha Menggunakan PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Authors

  • K Husnul Dosen dan Mahasiswa STKIP Yapis, Dompu, NTB, Indonesia
  • Nurjannah Nurjannah Dosen dan Mahasiswa STKIP Yapis, Dompu, NTB, Indonesia
  • Heryanto Heryanto Dosen dan Mahasiswa STKIP Yapis, Dompu, NTB, Indonesia
  • Aptitasari T Dosen dan Mahasiswa STKIP Yapis, Dompu, NTB, Indonesia
  • Sarifa Sarifa Dosen dan Mahasiswa STKIP Yapis, Dompu, NTB, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1027

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menghasilkan perangkat pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Hindu Budha Pura Agung Udaya Parwata Tambora menggunakan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang berkualitas baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model (Four-D) Thiangarajan. Subjek uji coba kelompok besar terdiri atas 30 mahasiswa. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang meliputi: RPS, Buku ajar, Worksheet dan soal tes. Berdasarkan penilaian ahli terhadap Buku ajar, RPS, Worksheet, dan THB yaitu 3,65 atau berada pada kategori Baik menurut penilaian ahli. Hasil analisis data aktivitas mahasiswa berada pada kategori “efektif” serta ketuntasan belajar siswa secara individual mencapai 80% mahasiswa tuntas secara individual, respon mahasiswa terhadap pembelajaran sejarah sosial ekonomi menggunakan PJBL untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis menunjukkan 70% siswa memberikan respon dengan kategori “positif”, berdasarkan hal tersebut maka perangkat yang dikembangkan sudah berkualitas baik dan layak digunakan.

Published

2022-10-01

How to Cite

Husnul, K., Nurjannah, N., Heryanto, H., T, A., & Sarifa, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sejarah Hindu Budha Menggunakan PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4095-4100. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1027