Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sejarah Sosial Ekonomi Berbasis “Ntadi Ra Ntedi” Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1028Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menghasilkan perangkat pembelajaran sejarah sejarah sosial ekonomi masyarakat menggunakan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang berkualitas baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model (Four-D) Thiangarajan. Subjek uji coba kelompok besar terdiri atas 26 mahasiswa. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang meliputi: RPS, Buku ajar, Worksheet dan soal tes. Berdasarkan penilaian ahli terhadap Buku ajar, RPS, Worksheet, dan THB yaitu 3,50 atau berada pada kategori Baik menurut penilaian ahli. Hasil analisis data aktivitas mahasiswa menunjukkan bahwa, berada pada kategori “efektif” serta ketuntasan belajar siswa secara individual mencapai 81% mahasiswa tuntas secara individual, respon mahasiswa terhadap pembelajaran sejarah sosial ekonomi menggunakan PJBL untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis menunjukkan 80% siswa memberikan respon dengan kategori “positif”, berdasarkan hal tersebut maka perangkat yang dikembangkan sudah berkualitas baik dan layak digunakan.