Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sejarah Sosial Ekonomi Berbasis “Ntadi Ra Ntedi” Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Authors

  • Rizaluddin Rizaluddin Dosen STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat
  • NurJannah NurJannah Dosen STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat
  • Ningrum W. R Mahasiswa STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat
  • Fijriani Fijriani Mahasiswa STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat
  • Nurhairatu Nurhairatu Mahasiswa STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1028

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menghasilkan perangkat pembelajaran sejarah sejarah sosial ekonomi masyarakat menggunakan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang berkualitas baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model (Four-D) Thiangarajan. Subjek uji coba kelompok besar terdiri atas 26 mahasiswa. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang meliputi: RPS, Buku ajar, Worksheet dan soal tes. Berdasarkan penilaian ahli terhadap Buku ajar, RPS, Worksheet, dan THB yaitu 3,50 atau berada pada kategori Baik menurut penilaian ahli. Hasil analisis data aktivitas mahasiswa menunjukkan bahwa, berada pada kategori “efektif” serta ketuntasan belajar siswa secara individual mencapai 81% mahasiswa tuntas secara individual, respon mahasiswa terhadap pembelajaran sejarah sosial ekonomi menggunakan PJBL untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis menunjukkan 80% siswa memberikan respon dengan kategori “positif”, berdasarkan hal tersebut maka perangkat yang dikembangkan sudah berkualitas baik dan layak digunakan.

Published

2022-10-01

How to Cite

Rizaluddin, R., NurJannah, N., R, N. W., Fijriani, F., & Nurhairatu, N. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sejarah Sosial Ekonomi Berbasis “Ntadi Ra Ntedi” Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4289-4294. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1028