Pengaruh Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Menggunakan Model Pembelajaran Pair Check pada Siswa SMP Negeri 1 Simanindo

Authors

  • Claudya Angelina Siallagan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Kartini Bangun Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Ronald Hasibuan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1029

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pair check terhadap kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa/siswi SMP Negeri 1 simanindo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain two group post-test only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII SMP Negeri 1 Simanindo yang berjumlah 56 siswa/siswi. Penelitian sampel dengan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VII-A sebagai kelas eksperimen terdiri dari 28 siswa/siswi dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol terdiri dari 28 siswa/siswi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu posttest. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa/siswi menulis cerita fantasi. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor post-test berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pebedaan menulis cerita fantasi siswa/siswi kelas VII SMP Negeri 1 Simanindo dengan model pair check dan tanpa model pair check. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t yaitu thitung = 11,2, ttabel = 2,03 maka kriteria pengujian hipotesis penelitian ini adalah thitung > ttabel. Hipotesis nilai H0 ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.hal ini membukikan bahwa terdapat pengaruh positif model pair check terhadap kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa/siswi kelas VII SMP Negeri 1 Simanindo.

Published

2022-10-01

How to Cite

Siallagan, C. A., Bangun, K., & Hasibuan, R. (2022). Pengaruh Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Menggunakan Model Pembelajaran Pair Check pada Siswa SMP Negeri 1 Simanindo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4085-4089. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1029