Implementasi Variasi Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri

Authors

  • Suarti Suarti Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, UM Buton, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1030

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Variasi Pembelajaran Tematik Di MIN 1 Baubau. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah dan siswa MIN 1 Baubau berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif model Milles dan Hubberman yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Memanfaatkan berbagai sumber dan metode untuk memverifikasi keakuratan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN 1 Baubau menerapkan Variasi Pembelajaran Tematik. Ketika pembelajaran disajikan di kelas dengan cara yang menarik dan bervariasi membuat siswa efektif dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan kurikulum 2013 di MIN 1 Baubau yang berpusat pada siswa, variasi pembelajaran tematik meliputi variasi metode pengajaran, variasi penggunaan media dan sumber belajar, dan variasi gaya interaksi. Modifikasi yang dilakukan memiliki tujuan agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Guru kelas MIN 1 Baubau memvariasikan pembelajaran tematik menggunakan sumber daya dan kreativitasnya untuk membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar dan lebih aktif dalam pembelajaran.

Published

2022-10-01

How to Cite

Suarti, S. (2022). Implementasi Variasi Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4324-4330. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1030