Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Mia Agustine C. Sianturi Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Andriono Manalu Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Bajongga Silaban Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Puspita Sari Sihotang Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1031

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar peserta didik . Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bilah Hulu. Penarikan sampel penelitian dilakukan secara non random dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah terdiri dari lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil analisis data setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 86,50 dengan standar deviasi 6,58 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 74,83 dengan standar deviasi 8,46. Sebelum diuji dengan uji-t, dilakukan uji prasyarat yang masing-masing sampel memiliki data yang normal dan homogen. Hasil perhitungan uji-t satu pihak data posttest untuk ?=0,05 diperoleh thitung = 3,49  dan ttabel = 1,67 yang mengindikasikan bahwa thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik

Published

2022-10-01

How to Cite

Sianturi, M. A. C., Manalu, A., Silaban, B., & Sihotang, P. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4167-4172. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1031