Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Juliper Nainggolan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Novayanti Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Hebron Pardede Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1033

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery  Learning  berbasis eksperimen terhadap keterampilan  proses sains  dan  untuk mengetahui keterampilan proses sains yang tidak menggunakan model discovery learning berbasis eksperimen  pada mata pelajaran IPA pada materi getaran dan gelombang kelas VIII  semester II SMP Parulian 3 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis pra eksperimen dimana desainnya memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan yaitu model Discovery Learning berbasis Eksperimen sedangkan pada kelompok kontrol diberika perlakuan menggunakan metode konvensional. Pada penelitian ini digunakan desain penelitian Static Group Comaparasion Design dan yang menjadi populasi yaitu kelas VII SMP Parulian 3 Medan dengan teknik pengambilan sampel yakni convinance sampling.  Hasil penelitian Nilai Pretest peserta didik kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 30,48 dengan standar deviasi 78,92 dan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 30,34 dengan standar deviasi  78,45. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis uji t dua pihak diperoleh  = 0,064 dan  = 1,84 maka   = (0,064  1,84)  sehingga dapat disimpukan bahwa kemampuan awal peserta didik pada kelas eskperimen sama dengan kemampuan awal  peserta didik pada kelas kontrol  sebelum diberikan perlakuan. Nilai posttest peserta didik pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 63,87 dengan standar deviasi 4128,57.

Published

2022-10-01

How to Cite

Nainggolan, J., Sinaga, N., & Pardede, H. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains pada Mata Pelajaran IPA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4214-4218. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1033