Implementasi Animasi Powtoon terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Gajah Mada Medan T.A 2022/2023

Authors

  • Surya Darma Pardede Dosen Pendidikan Ekonomi, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Marsaulina Br. Aruan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Masliani Situmeang Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1043

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi ainimasi powtoon terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan T.A 2022/2023 yang berjumlah 28 orang siswa dengan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil observasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan meningkat setelah diberikan tindakan implementasi animasi powtoon. jumlah rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (63.93) dan pada siklus II meningkat (77.14). Jumlah siswa yang telah memenuhi standart ketuntasan minimal belajar pada siklus I hanya 16 siswa (57.14%) dan pada siklus II yang tuntas mencapai 24 siswa (85.71%). Peningkatan skor hasil belajar siswa sebesar 28,57%.

Published

2022-10-01

How to Cite

Pardede, S. D., Aruan, M. B., & Situmeang, M. (2022). Implementasi Animasi Powtoon terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Gajah Mada Medan T.A 2022/2023. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4360-4365. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1043