Manajemen Pendidikan Kewirausahaan Bagi Peserta Didik Paket C pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kabupaten Karawang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1047Abstract
Penelitian ini membahas terkait manajemen pendidikan kewirausahaan peserta didik Paket C pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) berdasar aspek-aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, kendala, dan solusi mengatasi kendala pada pendidikan kewirausahaan bagi peserta didik paket C. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa perencanaan pembelajaran dengan menyiapkan pendidik dan sosialisasi pada PKBM. Pengorganisasian pada pembelajaran disesuaikan dengan skill dan kemampuan kompetensi yang dimiliki, baik yang bersertifikat secara resmi maupun yang sifatnya skill otodidak. Pelaksanaan pembelajaran yakni menyiapkan ruang komputer dan media pendukung pembelajaran pendidikan kewirausahaan serta menyediakan berbagai sumber belajar diantaranya modul online. Pengawasan pembelajaran dilakukan secara rutin yang dilakukan oleh Pengelola dan Yayasan serta melibatkan tutor setiap tahunnya. Kendala pembelajaran yakni pengaturan alokasi waktu pembelajaran, penyesuaian metode pembelajaran pandemic dengan pembelajaran jarak jauh, dan dalam proses pembelajaran warga belajar yang sudah bekerja minat belajarnya kurang, karena lelah bekerja. Solusi dalam mengatasi kendala pembelajaran yakni memberikan sosialisasi pembelajaran, tutor memberikan pembelajaran secara daring dengan pengerjaan tugasnya diberikan waktu yang fleksibel, dan tutor memberikan dukungan yang sifatnya membangun rasa percaya diri warga belajar dalam mengikuti proses pembelajaran.