Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT)

Authors

  • Dedi Mulyadi SMA Negeri 25 Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1048

Abstract

Penelitian ini membahas terkait dengan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 25 Garut. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI. Dari hasil pengolahan data maka diperoleh kesimpulan bahwa adanya peningkatan rata-rata nilai pada tiap siklusnya setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dan tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 77, 78 % pada siklus terakhir. Siswa dapat termotivasi bekerjasama lebih baik dalam kelompoknya dengan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan suatu penelitian awal yang dapat dijadikan rujukan atau bahan perbandingan untuk penelitian serupa dan atau penelitian lebih lanjut.

Published

2022-10-13

How to Cite

Mulyadi, D. . (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4537-4543. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1048